INOVASI TEKNOLOGI atau INOVASI NILAI

INOVASI TEKNOLOGI atau INOVASI NILAI

INOVASI TEKNOLOGI ATAU INOVASI NILAI

Siapakah yang menciptakan personal computer (PC) dan alat perekam digital pertama kali? Dan nyaris semua orang akan menjawab *IBM/Apple* dan *SONY/JVC*. Jawaban ini sesungguhnya salah!
Sebenarnya yang pertama kali menemukan PC dan alat perekam digital adalah *MITS dan Ampex*.
Dua nama yang mengagetkan dan bahkan sebagian besar kita tidak mengenalnya.

Hal yang wajar karena dua perusahaan yang terkenal diatas melakukan Inovasi Nilai *(Value Innovation)* dan dua perusahaan kedua hanya melakukan Inovasi Teknologi *(Technology Innovation)*
Inovasi Nilai adalah sebuah inovasi yang lebih dari inovasi teknologi, jadi walaupun NITS menemukan PC pertama, IBM dan Apple-lah yang kemudian menyesuaikan penemuan itu untuk menghasilkan lonjakan nilai bagi customer (value preposition) dan kemudian mendominasi pasar.

Demikian juga Ampex menciptakan alat perekam video pada tahun1950 an tetapi SONY dan JVC yang memberi nilai bagi customer sehingga mendominasi pasar.

NITS dan Ampex yang menelur tetapi IBM/Apple, SONY/JVC yang menetaskannya.

*Value Innovation* adalah sebuah strategi yang membuat sesuatu penemuan yang rumit, komplek, mahal, terlihat tak berguna menjadi sesuatu yang menarik, ringan, murah dan berguna.

Banyak penemuan teknology canggih yang telah dihasilkan, tetapi baru sebatas Technology Innovation antara lain google glass, telepon satelit iridium, belum ada Value Innovation sehinga tak heran pembeli tidak melihat nilainya.

Tanpa value innovation sebuah produk teknologi mutakhir sekalipun tampak mendahului jaman, terlalu modern, mahal dan terlalu rumit.

So penciptaan pasar baru *(blue ocean)* tidak selalu bergantung pada technology baru.
#blueoceanshif
www.rudylangitan.com

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *