Ikan BARACUDA

Ikan BARACUDA

Sebuah Eksperimen pernah dilakukan di _Woods Hole Oceanographic Institute_, Seekor ikan Barracuda _(sphyraena)_ (Ikan Predator) dimasukan ke dalam aquarium yg ditengahnya dipisahkan dg kaca transparan, disisi lain ada ikan kecil yang merupakan makanan favorit predator teraebut.  Berkali-kali ikan Barracuda tersebut mencoba menyambar ikan kecil tersebut tetapi selalu saja mulutnya terbentur kaca pembatas, usahanya selalu gagal dan mulutnya bonyok.  Berhari2 bahkan berminggu usahanya tetap gagal. Dan akhirnya Barracuda menerima kenyataan bahwa pemburuan ikan kecil tersebut justru membuatnya kesakitan.
Setelah itu kaca pembatas itu pun diangkat. Dan apa yang terjadi?
Ikan Barrucuda tetap tak bereaksi, diam saja bahkan tak terlihat berminat menyambar ikan kecil tersebut, sekalipun ikan kecil tersebut berenang dekat dengan mulutnya.
Ikan Barracuda sudah kehilangan motivasi untuk memangsa.  Dan akhirnya ikan Baracuda tersebut mulai lemas dan mati tak berdaya karena kelaparan.
Ikan Baracuda memiliki *Fix Mindset* (Mindset yang tidak bertumbuh, kolot dan tradisional), ia selalu menganggap bahwa masa lalu sama dengan masa kini _(the past is equal with  the future)_

Ingatlah, pembatas-pembatas atau keterbatasan kita hari ini tidak kekal; apa yang kita anggap penghalang hari ini justru menjadi kesempatan di masa depan…Yuk kita memiliki *Growth Mindset*, dimana _Your past is not equal the future_

#GreatPeopleAcademy

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *